Pencari Karir Pencari Kandidat

3 Benda Ini Jangan Dibawa Saat Interview Magang

24 Maret 2021 20:03 3924 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Buat Sahabat TopKarir yang lagi sibuk cari tempat magang, tetap semangat. Perlu diketahui oleh kamu seluruh proses magang mulai dari interview sampai proses penerimaan hampir sama dengan proses mencari kerja tetap. Kamu harus menjalani dengan teliti dan jangan sampai salah langkah. Untuk pesaing magang, kamu harus berpikir ada ribuan calon anak magang di setiap tahun.

 

Oleh sebab itu kamu harus memahami, step-by step proses magang dimulai dari interview. Dalam proses interview kamu harus mengerti apa saja yang diperlukan. Mulai persiapan berkas pendukung, pengetahuan umum tetang perusahaan, hingga memperhatikan benda yang bisa dibawa atau dihindari saat interview. Menarik kan kamu harus memperhatikan hal yang terkecil sampai terbesar. Nih, kamu harus ingat 3 benda ini jangan dibawa saat interview magang.

 

Jas atau Jaket Almamater

 

Jangan salah kalau HRD tempat kamu melamar magang memperhatikan jas atau jaket almamater yang kamu gunakan. Sudah pasti kamu mengira bahwa jaket atau jas almamater akan membantu proses interview kamu. Mitos ini ternyata kesalahan besar. HRD justru akan menilai kamu itu belum layak dan tidak profesional. Kamu datang interview itu sebagai diri kamu sendiri, bukan untuk mewakili kampus kamu. HRD juga akan langsung menilai kalau diri kamu itu pribadi yang tidak mandiri. Nah, makanya kamu harus hindari membawa jas atau jaket almamater kamu ketika interview magang ya.

 

 

Tas Ransel Kumel

 

Kebersihan adalah cerminan pribadi seseorang. Membawa tas ransel kumel  sangat tidak disarankan. Tas ransel kumel kamu bukan pilihan yang tepat ntuk dibawa interview. Jika kamu ingin membawa tas ransel bawalah dalam keadaan bersih. Tas yang bersih akan mendapatkan penilaian HRD bahwa kamu orang yang well-organized.

 

Celana Jeans

 

Meskipun kamu datang interview untuk perusahaan creative atau event organizer, kamu tidak disarankan untuk menggunakan celana jeans kamu. Gunakan celana bahan out-fit sebagai pilihan yang tepat. Tujuannya adalah kamu belajar menghargai orang lain. HRD tempat kamu magang sudah dipastikan akan memakai pakaian yang rapih dan sopan. Untuk itu kamu harus menhargai dengan menggunakan pakaian yang rapih dan profesional.

 

Itulah 3 benda yang harus dihindari ketika kamu interview magang. Kunci sukses kamu itu adalah bagaimana menata sikap dan berpenampilan menarik. Kalau tidak dimulai dari sekarang, lalu dimulai dari kapan Sahabat TopKarir.

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Perhatikan Body Language Ini Saat Melakukan Interview

Perhatikan Body Language Ini Saat Melakukan Interview

Wawancara kerja adalah momen penting untuk menunjukan kompetensi kamu di depan HRD perusahaan. Selain menjelaskan siapa kamu dalam bentuk lisan, ternyata ada hal lain yang gak kalah penting saat proses wawancara, yaitu body language (bahasa tubuh). Body language bisa menggambarkan keadaan diri kamu yang sebenarnya, apakah kamu gugup, ragu, atau percaya diri, hal ini juga menjadi penilaian apa kamu siap dan pantas bekerja di perusahaan yang diinginkan. Nah, kira-kira bagaimana sih body language yang baik saat interview? Yuk simak tips lengkapnya   Kontak Mata   Pernah dengar ungkapan kalau mata juga bisa bicara? Benar banget tuh, tatapan mata seseorang bisa mengartikan perasaan dan keadaannya pada saat itu. Dilansir businessinsider.com, para psikolog mengatakan kalau kontak mata mampu menggambarkan cara seseorang membangun hubungan dengan lingkungannya. Jadi saat kamu interview jangan ragu menatap mata, itu artinya kamu tertarik dengan percakapan lawan bicara.   Posisi Duduk   Saat interview, pastikan kamu duduk dengan tegap dan nyaman. Duduk dengan posisi tegap menandakan kepercayaan diri dan siap menjawab segala pertanyaan, tapi ingat ya tidak perlu tegang dan kaku. Hindari posisi tubuh menyandar pada bagian belakang kursi, karena memberi kesan kalau kamu seseorang yang terlalu santai dan tidak siap dengan pekerjaan.   Senyum   Senyum adalah kunci kebahagiaan, dengan senyum kamu akan dinilai sebagai seorang yang ramah dan menyenangkan. Yang perlu diingat, jangan senyum berlebihan, lakukan dengan natural dan pastikan momennya tepat, misal saat pewawancara melontarkan candaan.   Berjabat Tangan   Berikan kesan pertama yang baik, awali dengan berjabat tangan yang tegas, artinya tidak terlalu kuat dan terlalu lemah juga. Penelitian yang dilakukan Beckman Institute menyimpulkan kalau jabatan tangan yang kuat akan mengurangi prasangka negatif pewawancara pada pelamar.   Itu dia body language yang perlu kamu perhatikan saat melakukan interview kerja. Mau tau tips lain yang bisa membantu karir kamu? Yuk download aplikasi TopKarir di Play Store dan App Store sekarang juga
Komentar