Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Aplikasi Membuat CV Dari Handphone

08 Juni 2021 05:06 16726 KALI DIBACA 1 KOMENTAR 15 KALI DIBAGIKAN

 

Setelah menyelesaikan masa pendidikan tahap berikutnya apa lagi kalau bukan mulai meniti karir. Mencari pekerjaan jadi pilihan sebagian besar orang untuk mendapatkan penghasilan, sisanya memilih membangun usaha.

 

Buat kamu yang mulai cari-cari pekerjaan tentu dibutuhkan beberapa berkas yang harus dilampirkan, salah satunya CV. Ada yang belum tau apa itu CV?

 

Pengertian CV

Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup merupakan dokumen yang berisi tentang data profil, latar belakang pendidikan, sampai pengalaman. Biasanya dibutuhkan ketika melamar pekerjaan, bahan referensi, atau untuk kepentingan lain. 

 

Dalam hal melamar pekerjaan, CV punya peranan penting agar perusahaan atau pihak lain mengenal diri kamu, mulai dari identitas, kompetensi, juga pengalaman. Nantinya HRD jadi lebih mudah mencocokkan CV-mu dengan kualifikasi yang mereka butuhkan.

 

Buat CV Semenarik Mungkin dengan Aplikasi Pembuat CV

Nah, agar CV kamu semakin bagus saat diterima HRD, tentunya kamu harus mengemas CV semenarik mungkin untuk mencuri perhatian. CV akan jadi langkah awal yang menentukan lolos atau tidaknya kamu ke tahap rekrutmen selanjutnya.

 

Perkembangan teknologi semakin mempermudah pembuatan CV, tanpa harus ribet membuka laptop ataupun PC, kamu juga bisa membuatnya dari smartphone lho. Ada banyak situs gratis atau aplikasi membuat CV yang bisa kamu manfaatkan untuk menyusun CV. Yuk simak beberapa rekomendasinya.

 

1. Canva

Canva merupakan salah satu platform desain gratis yang banyak menyediakan berbagai macam template desain, salah satunya template CV. Kamu bisa memilih template CV mana yang ingin kamu gunakan sesuai dengan karakter yang mau kamu tunjukkan.

 

Tinggal masukkan informasi diri yang dibutuhkan, CV-mu sudah bisa diunduh dalam berbagai format file. Kamu bisa mengakses Canva melalui web dan aplikasi pada iOS dan Android.

 

2. Resume Builder & CV Maker - PDF Template Editor

 

Aplikasi CV yang satu ini bisa kamu akses lewat smartphone. Aplikasi membuat CV ini mempunyai berbagai macam template yang bisa kamu coba.

 

Fitur yang disediakan aplikasi ini diantaranya yaitu lebih dari 100 template dan format resume, 250+ cover letter, berbagai pilihan jenis font, dan masih banyak lainnya. Salah satu kelebihannya kamu bisa membuat CV lebih dari 1 halaman.

 

3. Easy Resume Builder

 

Aplikasi membuat CV lainnya yaitu Easy Resume Builder, aplikasi ini bisa kamu coba dari smartphone dan pastinya gratis. Untuk yang baru pertama kali membuat CV, aplikasi ini bisa kamu coba dan sangat cocok karena mudah digunakan.

 

Cocok banget buat para fresh graduate yang baru pertama kali membuat CV karena kemudahannya dan fitur-fitur pendukungnya yang lengkap.

 

4. PathSource Resume

 

Aplikasi pembuat CV yang satu ini diperuntukan hanya untuk pengguna iOS, jika kamu pengguna iOS, aplikasi ini bisa jadi pilihan mudah untuk mendesain CV.

 

Sama dengan aplikasi pembuat CV pada umumnya, aplikasi ini punya berbagai desain yang bisa kamu pilih sesuai dengan bidang kamu.  

 

5. Resume Star

 

Pernah nyoba buat CV pakai Resume Star? Aplikasi ini jadi salah satu rekomendasi buat kamu yang ingin membuat CV cuma lewat smartphone.

 

Kamu bisa membuat CV lebih dari satu sesuai dengan kebutuhan kamu. File CV yang sudah kamu buat bisa langsung kamu bagikan melalui email dengan format PDF. 

 

Nah itu dia beberapa rekomendasi situs dan aplikasi membuat CV dengan mudah. Selamat mencoba ya Sahabat Topkarir! Yuk temukan informasi dan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya sekarang!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
5 Tanda Tubuh Kamu Butuh Istirahat dari Penatnya Kerja

5 Tanda Tubuh Kamu Butuh Istirahat dari Penatnya Kerja

Rutinitas pekerjaan yang mengharuskan kamu duduk berjam-jam didepan komputer sambil berpikir, membuat tubuh menjadi lelah. Namun terkadang semangat kerja dan kecintaan kamu pada pekerjaan yang kamu tekuni membuat kamu mengabaikan kesehatan. Ketahanan fisik setiap orang berbeda-beda, mungkin kamu orang yang terlihat selalu bergairah dan gak mudah lelah. Tapi perlu kamu sadari beberapa tanda fisik ini jadi peringatan kalau tubuh kamu sudah kewalahan, dan butuh istirahat.   Gangguan mata Jika tubuh lelah, mata juga bisa lelah lho. Terlalu lama di depan komputer menjadikan mata berair, berdenyut, dan pandangan sedikit kabur, ini jadi tanda kalau mata kamu mulai lelah. Lepaskan pandanganmu dari layar komputer, pandanglah benda-benda jauh, misalnya pergi ke halaman kantor untuk melihat sekitar. Cara lain untuk menangani mata lelah adalah dengan sering berkedip, mengompres dengan handuk hangat, atau memeriksa kondisi mata ke dokter ketika pandangan sudah mulai terganggu. Ingat ya, mata juga butuh istirahat!   Sariawan dan bibir pecah-pecah Terlalu lama berada di ruangan ber-AC juga bisa bikin bibir kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya sering-sering minum air putih, sediakan botol minum di atas meja kerjamu. Atau kalau sariawan sudah terlalu serius, periksakan ke dokter dan beristirahat.    Mudah emosi Kelelahan juga mempengaruhi emosi seseorang, kamu jadi lebih sensitif. Kalau sudah emosi kinerja kamu juga akan terganggu. Ambilah waktu untuk berlibur, menyegarkan pikiran dan lupakan sejenak pekerjaan. Kembalikan energimu dengan mencari suasana dan aktivitas baru.   Insomnia Pola tidur yang tidak teratur sering dialami para pekerja, karena mengorbankan waktu istirahatnya. Orang yang mengalami insomnia akan kesulitan terlelap dan mempertahankan lelapnya. Selain itu fungsi tubuh dan konsentrasi juga akan menurun. Sebaiknya mulai atur kembali jadwal tidurmu, jika sudah lelah jangan paksakan tubuh untuk terus bekerja.   Penurunan / kenaikan berat badan Saat dalam kondisi lelah, tubuh mulai bereaksi secara abnormal. Hal ini akan membuat tubuh gemetar, mual, dan sulit untuk fokus. Jika kondisi ini berlangsung lama, perubahan berat badan secara drastis bisa terjadi. Karena itu jangan lupa menjaga pola makan saat bekerja ya, dan biasakan rutin berolahraga.   Efek dari kelelahan kerja bisa kasat mata. Karenanya kamu harus lebih peka dengan kondisi fisikmu juga ya. Jangan biarkan tubuh kelelahan, ambil waktu untuk memejamkan mata, berikan tubuhmu kesempatan beristirahat agar selalu sehat. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.
Komentar
RANDA SAPUTRA
RANDA SAPUTRA
465 hari lalu
Terima kasih infonya, baru tau ternyata gampang banget buat CV pakai HP