KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Pilihan Karir untuk Kamu yang Menguasai Bahasa Korea

24 Maret 2021 20:03 10972 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 6 KALI DIBAGIKAN

Kepopuleran musik dan drama Korea di Tanah Air menumbuhkan minat banyak orang untuk mempelajari budaya dan Bahasa Korea. Melihat antusias generasi muda terutama, belakangan ini banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan Bahasa dan Sastra Korea, juga kemunculan lembaga pelatihan/kursus yang mengajarkan materi bahasa asal negeri Ginseng ini.

 

Kebutuhan akan tenaga kerja yang fasih berbahasa Korea juga semakin tinggi, beberapa perusahaan hiburan Korea sudah membuka cabangnya di Indonesia. Kerjasama antar kedua negara juga semakin banyak dilakukan. Melihat hal tersebut, peluang dan kesempatan karir bagi kamu yang lancar berbahasa Korea semakin beragam, untuk membantu kelancaran komunikasi dan kerjasama yang dilakukan. Nah, buat kamu yang lagi belajar atau sudah lancar Bahasa Korea berikut ini 5 pilihan karir yang bisa kamu pertimbangkan.

 

Interpreter dan Penerjemah

Beberapa tahun belakangan banyak banget selebriti/idol Korea yang mengunjungi Indonesia untuk mengadakan konser, atau sekadar meet and greet. Untuk membantu komunikasi antar penonton/penggemar dengan sang idola, dibutuhkan jasa seorang interpreter. Interpreter sendiri merupakan seorang juru bahasa yang menerjemahkan bahasa lisan dari bahasa satu ke bahasa lain secara langsung dan saat itu juga atau “on the spot”. Selain itu, berbagai kegiatan pemerintahan atau kerjasama perusahaan Indonesia dengan Korea juga membutuhkan kehadiran interpreter ini.

 

Sedangkan untuk penerjemah, tugasnya adalah melakukan transfer teks dari bahasa sumber ke dalam bahasa tujuan, dengan waktu yang lebih fleksibel. Hasil pekerjaannya biasa berupa tulisan yang dimuat di media, seperti buku, penerjemah acara televisi, drama, film dan lainnya.

 

Pemandu wisata

Profesi ini cocok banget buat kamu yang hobi jalan-jalan. Dengan memanfaatkan kemampuan Bahasa Korea yang kamu punya, kamu bisa mengunjungi banyak tempat wisata, khususnya di Korea Selatan. Atau bisa juga sekaligus mengenalkan kekayaan budaya dan pariwisata Indonesia ke wisatawan Korea saat mengunjungi Indonesia.

 

Indonesia sudah banyak dikenal lho oleh masyarakat di sana, karena gencarnya promosi wisata dan banyaknya acara televisi/drama populer yang syuting di Indonesia. Saat libur musim dingin tiba, orang Korea banyak yang mengunjungi Indonesia untuk berwisata. Begitupun sebaliknya, Korea Selatan juga menjadi negara tujuan wisata orang-orang Indonesia untuk mengunjungi tempat-tempat populer. Melihat potensi wisata kedua negara, keberadaan pemandu wisata kini makin dicari-cari. Tinggal bekali pengalaman, rajin-rajin belajar kebudayaan dan mengasah kemampuan bahasa.

 

Penulis

Pilihan karir lainnya buat kamu yang lancar berbahasa Korea adalah sebagai penulis, terlebih kalau kamu sudah menguasai linguistik dan teknik penulisan. Kamu bisa menjadi seorang penulis novel/cerita fiksi, penulis kreatif, atau penulis konten. Kamu bisa mulai mengasah kemampuan menulismu dengan mengikuti program magang, menjadi freelancer, atau rajin menulis di blog pribadi. 

 

Pengajar

Kalau kamu punya latar belakang pendidikan Bahasa/Sastra Korea menjadi pengajar bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu juga bisa menambah pengalaman mengajar dengan menjadi guru les, mentoring, atau menjadi relawan pengajar.

 

Buat kamu yang mau jadi guru di sekolah, setidaknya kamu harus menempuh pendidikan keguruan. Sementara, untuk menjadi dosen Bahasa/Sastra Korea, kamu perlu menyandang gelar master atau doktor. Menjamurnya lembaga pelatihan dan mentoring juga jadi kesempatan kamu untuk berkarir sebagai pengajar Bahasa Korea. 

 

Staf kedutaan besar

Pilihan karir berikutnya buat kamu yang lulusan/menguasai Bahasa Korea adalah bekerja sebagai staff di Kedutaan Besar Korea Selatan yang ada di Indonesia. Kemampuan berbahasa Korea yang kamu punya tentunya akan menjadi nilai plus ketika kamu melamar kerja.

 

Selain kemampuan bahasa, kamu juga perlu memiliki pengalaman dan kompetensi sesuai bidang pekerjaan di kedubes tersebut. Kamu bisa mencoba mengikuti program internship terlebih dulu untuk mengenal pekerjaan dan lingkungan kerja yang ada.

 

Itu tadi 5 pilihan profesi buat kamu yang menguasai Bahasa Korea. Nah, bahasa memang menarik untuk dipelajari, terlebih Bahasa Korea yang sekarang ini populer akibat demam Korean Wave beberapa tahun belakangan. Buat yang tertarik belajar Bahasa Korea tapi bingung menemukan metode belajar dan tutor yang tepat, TopEdu punya pelatihan khusus yang bisa kamu ikuti. Yuk, mulai belajar Bahasa Korea di sini, dan temukan materi pelatihan lain yang bermanfaat untuk pengembangan karir kamu!

 

Temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!

Komentar