KANDIDAT PERUSAHAAN

7 Pekerjaan yang Nggak Pandang Jurusan Kuliah

24 Maret 2021 20:03 7724 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 4 KALI DIBAGIKAN

Mungkin saat ini kamu lagi bingung, pekerjaan apa ya yang sesuai dengan latar belakang pendidikanmu? Wajar sih kalau kamu memimpikan pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan kuliah. Tapi nggak sedikit lho yang justru baru menemukan minat dan bakatnya sesudah lulus. Tenang aja, ada kok pekerjaan yang terbuka untuk semua jurusan kuliah, yang terpenting keinginan untuk belajar dan mengembangkan diri. Nah, berikut 6 pekerjaan yang nggak pandang jurusan kuliah, yuk disimak.

 

 

  • Pegawai bank

 

Buat jadi seorang bankir yang selalu berurusan dengan uang, kamu gak harus lulus dari jurusan akuntansi, bisnis atau perbankan kok. Seorang teller atau customer service di bank banyak lho yang bukan berasal dari lulusan kuliah yang berhubungan sama keuangan. Biasanya sebuah bank mencari pegawai dengan kualifikasi seperti usia maksimal, tinggi badan, berat dan tinggi badan proporsional, berpenampilan menarik, dan berstatus single. Yang terpenting kamu punya skill komunikasi yang baik, dan mau belajar.

 

 

  • Sales

 

Pekerjaan sebagai sales seringkali diremehkan, padahal profesi ini punya jenjang karir yang menjanjikan. Buat kamu yang gak suka kerja di depan komputer dan duduk berlama-lama di kantor, sales person bisa dijadikan pilihan bagi yang suka bekerja di lapangan. Profesi ini nggak perlu jurusan kuliah atau pendidikan yang khusus, selama kamu punya kemampuan persuasi dan negosiasi yang bagus.

 

 

  • Customer service

 

Perusahaan yang mencari seorang customer service juga nggak membatasi pada satu jurusan. Yang terpenting kamu mampu berkomunikasi dengan baik dan ekstra sabar buat dengerin keluhan dan kebutuhan pelanggan.

 

 

  • Tenaga pengajar

 

Biasanya menjadi tenaga pengajar SD nggak perlu latar belakang pendidikan yang spesifik. Kamu cuma butuh menguasai pelajaran basic dan punya metode belajar yang baik. Buat fresh graduate, pekerjaan ini bisa dijadikan pilihan mengawali karir nih.

 

 

  • Barista

 

Menjamurnya kedai-kedai kopi beberapa tahun belakangan membuat pekerjaan sebagai barista kian dicari. Profesi yang identik dengan kaum milenial ini cuma membutuhkan niat untuk belajar, dan kecintaan terhadap kopi. Gak ada jurusan kuliah sebagai spesifikasi. Oh ya, kamu juga harus punya pengetahuan yang luas seputar kopi karena banyak pelanggan yang juga tertarik mengenal kopi.

 

 

  • Management trainee

 

Posisi sebagai management trainee (MT) juga terbuka buat semua jurusan lho, umumnya mencari lulusan S1, tapi gak sedikit juga yang menerima lulusan D3. Kamu akan diberikan pengarahan dan pengetahuan tentang perusahaan, serta pengembangan karakter. Hal ini berguna untuk mempersingkat waktu kamu memperoleh posisi manajerial. Kamu cuma perlu belajar di semua divisi perusahaan.

 

 

  • Admin media sosial

 

Nah, kalau pekerjaan ini milenial banget nih, kamu hanya perlu menguasai tools media sosial dan belajar menyampaikan pesan dengan baik dan efektif. Perusahaan biasanya menerima hampir semua jurusan. Jadi admin media sosial punya tanggung jawab sebagai representatif perusahaan juga lho, kalau kamu bisa jalin hubungan yang baik dengan konsumen, citra perusahaan tempatmu bekerja juga akan baik.

 

 

Itu tadi 7 pekerjaan yang nggak pandang jurusan kuliah. Informasi dan tips-tips karir lainnya yang berguna untuk kesuksesan karir kamu ada di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang.

 

Komentar