KANDIDAT PERUSAHAAN

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal? Ini Tipsnya

24 Maret 2021 20:03 6165 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Cara memulai bisnis tanpa modal - Kamu tidak selalu membutuhkan banyak modal untuk menjalankan bisnis. Faktanya, terkadang bisnis juga bisa dimulai dengan sedikit modal atau bahkan tanpa dana. Ya, memulai bisnis tanpa uang mungkin awalnya tampak seperti ide yang dibuat-buat, tetapi bukan berarti tidak mungkin.

 

Benar bahwa untuk memulai dan menskalakan bisnis apapun, Kamu akan membutuhkan lebih dari sekadar arus kas tambahan. Kamu mungkin membutuhkan mitra, investor, dan rencana yang solid tentang bagaimana Kamu akan menggunakan dana untuk mengembangkan bisnis. 

 

Jika Kamu berpikir tentang bagaimana dapat memulai bisnis dengan dana nol, berikut adalah beberapa ide cara memulai bisnis tanpa modal yang bisa diikuti.

 

Baca juga: TIPS MEMBANGUN BISNIS YANG KREATIF

 

Pikirkan Apa Yang Bisa Kamu Lakukan dan Cobalah Mencapainya Secara Gratis

 

Mulailah dengan memikirkan apa yang penting untuk bisnis Anda? Apakah memerlukan situs web atau halaman promosi lainnya?

 

Apakah lebih masuk akal jika Kamu mendesain materi pemasaran Kamu sendiri di Canva? Bisakah menukar dan menukar keterampilan atau produk atau sumber daya dengan orang lain sebagai pengganti pembayaran?

 

Jika sudah menemukan banyak kemungkinan, selanjutnya buatlah daftar apa saja yang Kamu butuhkan untuk bisnis dan kemudian teliti alternatif gratis yang bisa digunakan. 

 

Baca juga: 6 Tips Buat Kamu Yang Pengen Resign dari Kantor dan Memulai Bisnis Sendiri

 

Kumpulkan dana pribadi selama 6 bulan untuk pengeluaran bisnis

 

Memang, masuk ke rekening tabungan untuk modal bisnis bukanlah situasi yang ideal. Namun, ini adalah praktik yang cukup umum di kalangan pengusaha sukses. 

 

Saat merancang rencana bisnis, tulislah secara terperinci tentang berapa banyak dana yang akan dibelanjakan dan berapa banyak pendapatan yang kemungkinan besar akan dihasilkan. Kemudian, realistislah tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum Kamu mendapatkan keuntungan. 

 

Biasanya, dibutuhkan setidaknya enam bulan sebelum Kamu mulai melihat aliran uang masuk. Buatlah sasaran untuk menghemat biaya hidup setidaknya selama enam bulan sehingga Kamu dapat membagi pemasukan pribadi untuk bisnis baru Anda.

 

Mintalah dana tambahan dari teman dan keluarga

 

Carilah orang yang paling dekat dengan Kamu saat melakukan promosi. Gunakan teman dan keluarga sebagai sumber daya bisnis yang menguntungkan. Meskipun terlihat tidak profesional, namun memulai bisnis dengan dukungan keluarga adalah cara terbaik untuk berkembang.

 

Minta umpan balik dari orang terdekat terkait bisnis yang sedang Kamu jalankan. Dan, saat Kamu siap meluncurkan bisnis, tanyakan apakah mereka dapat membantu dengan pinjaman kecil untuk memulai bisnis. Pastikan untuk mencatat semuanya secara tertulis dan kapan Kamu akan membayarnya kembali. 

 

Baca juga: Tips Tepat Bagi Pegiat Bisnis Di Online

 

Ajukan pinjaman usaha kecil saat membutuhkan tambahan modal

 

Jika Kamu mencari lebih banyak modal dan telah beroperasi dengan anggaran yang sedikit, pertimbangkan untuk mengajukan pinjaman usaha kecil. Bank dan pemberi pinjaman online menawarkan berbagai jenis pinjaman usaha kecil kepada pelanggan yang mencari kas tambahan atau dana investasi. 

 

Jika Kamu tidak mencari jumlah pinjaman sekaligus, pertimbangkan jalur kredit bisnis. Ini adalah opsi yang bagus untuk membeli item sesuai kebutuhan. 

 

Cari investor

 

Kamu mungkin pernah mendengar tentang angel investor.  Angel investor biasanya adalah orang pertama di luar perusahaan yang berinvestasi dalam bisnis.

 

Tidak seperti perusahaan luar atau pemodal ventura lainnya, investor malaikat meletakkan dana pribadi mereka sendiri. Mereka juga dapat menjadi mentor terbaik yang bisa dijadikan mitra berbisnis, karena banyak dari mereka adalah mantan pengusaha yang bisa sudah tahu bagaimana cara mengelola pendanaan perusahaan. Jika Kamu ingin sukses memulai bisnis tanpa modal, cobalah untuk mencari investor seperti ini. 

 

Temukan berbagai insight untuk kamu yang ingin belajar banyak tentang bisnis disini 



Komentar