KANDIDAT PERUSAHAAN

Ini Kunci Sukses Melamar Pekerjaan di TopKarir

24 Maret 2021 20:03 6577 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Lulus dari masa pendidikan adalah permulaan untuk melangkah ke jenjang kehidupan yang baru, yakni berkarir. Masuk ke dunia kerja bukan perkara yang mudah dewasa ini, kompetisi semakin sengit, setiap orang berlomba-lomba mengasah kemampuannya untuk jadi talenta terbaik.

 

Dalam proses melamar pekerjaan, kita harus tau nih, strategi apa yang efektif untuk menarik hati HRD. Gimana sih caranya supaya lamaran yang kita kirim mendapat umpan balik yang positif?

 

Di TopKarir sebagai portal yang menyediakan lowongan kerja bagi anak muda, kamu punya banyak peluang mendapatkan pekerjaan impian. Tapi, perlu diingat nih, yang berjuang bukan cuma kamu seorang.

 

Ada ratusan bahkan ribuan pencari kerja mengincar posisi yang sama. Karenanya kamu perlu memahami bagaimana cara menjadi yang terbaik di antara yang terbaik.

 

Agar sukses saat melamar pekerjaan di TopKarir dan berpeluang lebih besar diterima perusahaan, kamu perlu tau beberapa kuncinya nih, simak baik-baik ya.

 

Lengkapi profil sampai 100%

Di TopKarir profil yang kamu isi secara otomatis bisa jadi CV digital kamu. Karenanya pastikan isi profil kamu sampai 100% agar perusahaan semakin mengenal diri kamu lebih dalam dan jelas.

 

Perusahaan juga lebih mudah mencocokan CV kamu dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Lengkapi kolom identitas diri, pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, bahasa yang dikuasai, CV, kriteria pekerjaan yang diinginkan, spesialisasi, sampai akun media sosial.

 

Pastikan email dan nomor telepon kamu aktif

Nggak kalah krusial yaitu mengisi alamat email dan nomor telepon yang aktif dihubungi. Jangan biarkan kesempatan kamu hilang hanya karena HR tidak bisa menelpon atau mengirim email konfirmasi ke alamat yang tidak aktif.

 

Ikuti Tes Minat & Bakat

Salah satu cara yang bisa meningkatkan peluang kamu diterima perusahaan yang ada di TopKarir adalah dengan mengikuti Tes Minat & Bakat.

 

Tes ini merupakan tes psikologi menggunakan analisis WERELDPSYCHO asal Belanda. Disini kamu akan mencari tahu Pola Perilaku, Sikap Dasar, Potensi Kerja, Kesesuaian Bidang Pekerjaan,  dan Minat yang kamu punya.

 

Nantinya hasil tes bisa jadi pertimbangan kamu untuk menentukan bidang pekerjaan yang ingin ditekuni. Kamu bisa lebih fokus merencanakan karir dan mengasah potensi kamu.

 

Pastikan lowongan kerja yang kamu lamar sesuai dengan spesialisasi

Sistem perekrutan yang ada di TopKarir menggunakan indikator spesialisasi. Jika spesialisasi yang kamu pilih di profil tidak sesuai dengan lowongan pekerjaan yang kamu lamar, secara otomatis lamaran kamu akan ditolak oleh perusahaan. Jadi pastikan kamu melamar untuk posisi kerja yang sesuai dengan spesialisasi/keahlianmu ya.

 

Misalnya nih, kalau spesialisasi kamu di bidang Seni/Media/Komunikasi, kamu bisa melamar untuk lowongan kerja Jurnalis, Public Relation, Desainer.

 

Bekerja di bidang yang nggak sesuai dengan keahlian juga akan menyulitkanmu dalam mengerjakan setiap tugas nantinya. Perusahaan juga makin selektif dalam menyaring kandidat pelamar, mereka mengincar orang-orang yang menguasai bidang kerja secara spesifik.

 

Itu tadi 4 kunci sukses melamar kerja di perusahaan-perusahaan yang ada di TopKarir. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

Komentar