KANDIDAT PERUSAHAAN

Mau Kerja dari Rumah Jadi Efektif? Hindari 5 Hal Ini!

24 Maret 2021 20:03 3791 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

 

Kerja dari rumah kini sudah menjadi kegiatan yang tak lagi asing di tengah masyarakat. Kebiasaan baru ini merupakan imbauan pemerintah kepada seluruh pekerja akibat merebaknya pandemi virus corona. Tak jauh berbeda dengan kerja di kantor, kerja dari rumah juga memiliki tantangan tersendiri. 

 

Bahkan terkadang, untuk tetap fokus dan produktif bekerja seperti freelancer ini lebih sulit daripada bekerja dari kantor layaknya karyawan. Ada banyak kebiasaan buruk yang bisa membuat kita tidak fokus dalam bekerja dan bahkan lalai untuk menyelesaikan tugas. 

 

Kebiasaan Buruk Yang Bisa Menurunkan Fokus dan Produktivitas Kerja

 

Bekerja dari rumah tanpa pengawasan dan lingkungan yang mendukung juga kadang membuat kita melakukan banyak kebiasaan buruk yang bisa menurunkan produktivitas kerja. Nah, agar pekerjaan bisa selesai dengan baik dan tetap produktif selama work from home (WFH), yuk hindari 5 kebiasaan buruk ini.

 

1.Bangun siang

 

Bangun siang jadi kebiasaan buruk yang mungkin mulai Anda lakukan saat tak lagi bekerja di kantor. Ini adalah kebiasaan yang perlu dihindari. Sebab, bangun siang dapat menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah dan bisa menurunkan konsentrasi. 

 

Bangun siang juga bisa membuat Anda kehilangan mood baik sehingga menjadi tidak bersemangat untuk memulai hari. Jika dibiarkan, bukan hanya tidak baik untuk kesehatan, kebiasaan buruk ini juga bisa menurunkan produktivitas kerja.

 

Baca juga: Pekerjaan Online di Masa New Normal dengan Gaji Menggiurkan

 

2. Lebih Banyak Istirahat Ketimbang Bekerja

 

Kebiasaan buruk lainnya yang perlu dihindari saat kerja dari rumah adalah melalaikan tugas dengan lebih banyak beristirahat dari pada bekerja. Ya, jika Anda sering melakukannya, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk tersebut.

 

Istirahat yang cukup memang penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Namun, terlalu banyak istirahat akan membuat Anda menjadi malas dan kehilangan semangat untuk bekerja. Buatlah jadwal istirahat yang baik, seperti memberikan waktu untuk sarapan dan makan siang. 

 

Kemudian manfaatkan jadwal istirahat Anda untuk sesekali bergerak agar tubuh terasa lebih bugar. Berikan waktu 1-2 jam untuk istirahat di siang hari sebelum mulai kembali bekerja. Hindari melakukan kegiatan seperti nonton film atau selalu bermain smartphone. Kebiasaan buruk ini akan menyebabkan mata Anda menjadi cepat lelah dan terkadang juga bisa melalaikan.

 

3. Tidak membuat jadwal dan skala prioritas

 

Hal penting lain yang harus menjadi perhatian Anda adalah membuat jadwal dan skala prioritas saat work from home (WFH). Ya, sebagaimana Anda tahu, bahwa bekerja dari rumah terkadang akan dihadapkan pada banyak urusan lain di luar pekerjaan kantor. 

 

Anda mungkin jadi harus menemani anak sekolah, membereskan rumah, atau menghadiri banyak meeting mendadak secara online dalam satu hari. Untuk itu, membuat jadwal dan skala prioritas akan membantu mengorganisir semua pekerjaan agar tidak membuat Anda kewalahan. Perasaan kewalahan ini tidak baik jika dibiarkan, karena bisa membuat Anda mudah stres dan tidak semangat dalam bekerja. 

 

Baca juga: Meningkatkan Efektivitas Waktu Kerja dengan Menyusun Skala Prioritas

 

4. Bekerja sambil makan atau tidur

 

Agar bisa tetap fokus dalam bekerja, hindari kerja sambil makan atau tidur. Bekerja sambil makan akan membuat meja kerja Anda berantakan dan tidak fokus dalam menyelesaikan tugas. Selain itu, hindari juga bekerja sambil tidur atau berbaring. Selain tidak baik untuk kesehatan mata, kegiatan ini akan membuat Anda cepat mengantuk sehingga tidak konsentrasi saat menyelesaikan tugas.

 

5. Terlalu sering menatap layar

 

Saat kerja dari rumah, tentu segala pekerjaan dan komunikasi dilakukan secara online. Hal ini terkadang menyebabkan Anda terus menatap layar komputer dalam waktu yang lama. Apalagi jika ditambah dengan kebutuhan untuk mengakses smartphone. Akibatnya, mata akan menjadi cepat lelah yang dapat mengganggu kesehatan. 

 

Itu dia beberapa hal yang mungkin bisa ganggu produktivitas kamu saat kerja di rumah, Nah, agar kerja dari rumah semakin efektif dan produktif, yuk intip berbagai tips karir lainnya di Top Karir. Jangan lupa download aplikasi Tok Karir sekarang atau kunjungi situs resminya di Topkarir.com untuk menemukan pekerjaan terbaik Anda!



Komentar