Pencari Karir Pencari Kandidat

Mengontrol Emosi saat Terlibat Konflik di Tempat Magang

24 Maret 2021 20:03 1459 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Ketika terlibat konflik dii lingkungan magang atau di lingkungan kerja. Ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk mengontrol emosi kamu agar tidak menimbulkan masalah yang baru lagi. Ini dia tips jitu mengontrol emosi saat terlibat konflik di lingkungan kerja, yuk disimak!

 

  • Menenangkan Diri

 

Ketika kamu terlibat dalam masalah, dan kamu sudah merasa emosi dan marah dengan situasi yang sedang kamu hadapi. Tenangkan pikiran kamu, dan berpikirlah secara logis dan mencari solusi. Kamu bisa mencoba ini untuk menenangkan diri kamu ; Mengontrol napas – Saat menarik napas, fokuskan pikiran kamu pada napas yang masuk ke hidung atau bayangkan pemandangan yang indah. Lakukan secara berulang, hitung 1 s.d 10 – Dalam hati, hitung dari satu sampai sepuluh secara perlahan untuk meredakan emosi. Jika perlu, lakukan beberapa kali, mengalihkan perhatian – Kamu bisa mengalihkan perhatian pada hal-hal lain seperti menonton TV atau pergi ke toilet.

 

  • Mengingat Dampak Negatif yang Akan Terjadi

 

Emosi yang meledak bisa membuat dampak negatif pada sekitar kamu. Kamu harus bisa mengingat dampak yang akan terjadi agar diri kamu dapat menahan amarah kamu. Pikirkan apa saja yang akan terkena dampaknya ketika kamu marah, seperti hancurnya benda sekitar, atau membuat kericuhan di tempat kerja. Hal ini akan membuat atasan turun tangan hingga kamu mendapat pemecatana oleh atasan.

 

  • Melupakan dan Memaafkan

 

Kamu sering mengungkit-ungkit masalah lama sehingga kamu merasa marah? Mulai sekarang, maafkan mereka yang telah memberi kamu masalah (misalnya menyakiti, membohongi, merendahkan, atau menjelekkan kamu) dan lupakanlah semua perbuatan mereka. Selain itu, hal ini juga menghindari adanya rasa balas dendam dalam diri kamu.

 

 

 

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Menjadi Diri Sendiri yang Mencolok di Tempat Magang

Menjadi Diri Sendiri yang Mencolok di Tempat Magang

mempunyai kemampuan yang tidak dimiliki sebagian orang, pastinya kurang pede ketika kita ingin menunjukkannya. Jadilah diri sendiri dan jangan mengikuti apa yang membuat orang lain , bangga lah akan kemampuan yang ada pada diri kamu.   Menjadi diri sendiri dengan kemampuan yang di miliki, bisa membuat kamu menjadi lebih menonjol dan juga dapat membuat diri kamu dikagumi oleh orang lain. menjadi diri sendiri memang tidak mudah, tapi kamu harus mencobanya karena bisa membuat dirimu nyaman dan memiliki ciri khas. Yuk intip tipsnya disini!    Tetaplah dengan Style Kamu         Dalam pekerjaan pasti ada aturan yang mewajibkan karyawannya untuk memakai seragam dan terlihat rapi, namun ada juga beberapa pekerjaan yang membuat kamu bebas dengan style fashion kamu dengan aturan seragam yang minimal.   Menjadi diri kamu sepenuhnya dengan style yang berbeda dengan orang lain, dapat menimbulkan ciri khas pada diri kamu dan membuat kamu lebih diperhatikan dalam lingkungan kerja. Selain itu, pakaian yang cocok juga menggambarkan cara kamu dalam bekerja dan profesionalitas kamu.   Menunjukkan Kemampuan Diri Lewat Komunikasi   Ketika kamu berkomunikasi dengan rekan kerja, ikuti setiap alur topik yang dibicarakan. Kamu harus bisa menempatkan topik seputar hobi atau bakat, jika lawan bicara merasa nyaman dengan topik kamu. Semakin lama kamu bersosialisasi, bisa membuat kamu lebih nyaman dalam membahas bakat atau kemampuan diri dan lawan bicara kamu.   Menampilkan Bakat dan Kemampuan Kamu   Apabila kamu sudah mendapatkan rekan ditempat kerja, yang mempunyai hubungan baik dengan kamu dari sisi pekerjaan maupun diluar pekerjaan. Inilah saatnya bagi diri kamu untuk showing up. Disaat kamu sedang hangout atau sekedar berkumpul dengan rekan lain, tunjukkan bakat atau hobi dari kemampuan kamu.   Banggalah menjadi diri sepenuhnya. Menunjukkan bakat kamu seperti menggambar, bernyanyi, atau lainnya. Hal ini juga dapat menimbulkan pandangan yang sama dan kecocokan pada orang lain yang memiliki bakat yang sama dengan diri kamu.                  
Komentar