KANDIDAT PERUSAHAAN

Menjaga Motivasi Kerja Selama Bulan Ramadan

24 Maret 2021 20:03 Pembekalan Karir 6565 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Saat bulan puasa wajar tubuh jadi lebih lemas dan kurang berenergi, tapi hal itu bukan jadi alasan aktivitas kamu seharian cuma tidur-tiduran. Apalagi buat kamu yang masih harus bekerja selama bulan puasa, semangat dan motivasi menjalani hari harus terus melekat di dalam diri. Terlebih pekerjaan yang dilakukan di bulan Ramadan jika kita ikhlas dan sepenuh hati menjalankannya, akan dihitung sebagai pahala ibadah yang besar. Seperti yang tertulis dalam hadist berikut ini.

 

Sungguh tidaklah engkau menginfakkan nafkah (harta) dengan tujuan mengharapkan (melihat) wajah Allah (pada hari kiamat nanti) kecuali kamu akan mendapatkan ganjaran pahala (yang besar), sampai pun makanan yang kamu berikan kepada istrimu.” (HR. Bukhari no. 56)

 

Nah, agar tetap maksimal dalam bekerja perlu adanya motivasi yang bisa kamu dapat dengan melakukan hal-hal di bawah ini.

 

Menjaga waktu tidur

Perbaiki jadwal tidur kamu, terutama yang punya kebiasaan tidur larut malam. Cobalah tidur lebih awal, karena kamu juga harus bangun lebih pagi untuk mempersiapkan sahur. Jam tidur yang baik saat Ramadan bisa menjadi kebiasaan yang akan berlanjut di bulan-bulan berikutnya. Sesudah sholat subuh, usahakan untuk tidak tidur lagi, karena malah akan membuat kamu merasa lesu setelahnya. Sebaiknya isi dengan kegiatan olahraga ringan atau aktivitas lain yang membangunkan energi.

 

Makan sahur yang cukup

Selama bulan Ramadan berbuka dan sahur adalah waktu untuk mengisi ulang energi. Saat sahur makanlah dengan porsi dan gizi yang cukup, karena jika berlebihan malah bikin mudah mengantuk dan tidak berenergi. Pilih menu yang seimbang antara protein, karbohidrat dan serat dalam satu santapan sahur. Makanan yang mengandung serat akan membuat kamu kenyang lebih lama. Nggak ketinggalan konsumsi sayur dan buah ya!

 

Hindari kafein

Di hari biasa, kafein bisa membantu kamu terhindar dari rasa kantuk. Selama berpuasa hindari kebiasaan mengkonsumsi kopi, karena kandungan kafein di dalamnya dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu juga beresiko menimbulkan masalah pencernaan lain, seperti asam lambung.

 

Pastikan badan tetap bergerak

Motivasi kerja saat puasa mudah menurun jika badan kurang bergerak. Buat kamu yang bekerja di depan komputer terlalu lama, tentu rasa ngantuk, lemas dan malas akan mudah datang. Jika merasakan hal ini, berdiri dan lakukan gerakan ringan sejenak. Misal saja berjalan ke kamar mandi, melakukan peregangan, mencuci muka atau beribadah sunnah. Hal ini akan membuat badan kamu lebih fresh dan memastikan motivasi kerja kamu nggak turun.

 

Perbanyak kegiatan ibadah

Ramadan adalah bulan yang tepat untuk meningkatkan keimanan. Menyeimbangkan kegiatan ibadah dengan bekerja akan membuat hati dan pikiranmu menjadi lebih tenang. Sempatkan untuk sholat Dhuha atau membaca ayat suci Al-Quran saat waktu istirahat kerja. Kegiatan ini selain menambah nilai pahala juga menyegarkan pikiran dari penatnya rutinitas kerja.

 

Menjaga komunikasi

Menjaga komunikasi dengan rekan, teman dan keluarga juga menjadi salah satu sumber motivasi kerja. Selain sebagai kewajiban sebagai manusia, menjaga silaturahmi dan berhubungan baik akan membuka pikiran dan wawasan yang juga akan berdampak pada hasil pekerjaan. Sekedar berbincang ringan atau melepas tawa bersama teman-teman membuat pikiran jadi lebih segar.

 

Itu tadi 6 tips membangun motivasi kerja selama bulan Ramadan. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

 

Komentar