KANDIDAT PERUSAHAAN

Persiapan Diri Untuk Memasuki Dunia Kerja

18 Juni 2021 10:06 248941 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 41 KALI DIBAGIKAN

Sahabat Topkarir, kalian pernah berada dilingkungan kerja sebelumnya? Jika belum mari kita persiapkan mulai dari diri kita terlebih dahulu.

 

Dunia kerja merupakan lingkungan yang berhubungan dengan pekerjaan yang  sedang kita geluti, dari definisi tersebut  kita ketahui bahwa kita ditujukan kepada pekerjaan yang kita sukai dan kita kuasai.

 

Maka dari itu jangan sampai salah memilih bidang pekerjaan kita yang tidak sesuai dengan kemampuan kita.

 

Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah mental, kenapa? Karena mental merupakan bagian dari diri kita yang bisa menerima keadaan seperti apa saja.

 

Semua orang memiliki mental yang berbeda dan semua dapat diperkuat khususnya dalam dunia kerja. Hal yang perlu diperhatikan untuk menyiapkan diri Sahabat Topkarir :

 

1. Mental

Kamu harus kuat dan jangan merasa lemah, mulailah berpikir positif akan tanggapan disekitar kamu. Jangan terlalu memikirkan kritikan orang lain, buatlah kritikan tersebut menjadi motivasi tersendiri untuk diri kita kedepannya.

 

2. Mengenali Diri

Kenali diri kita sepenuhnya, apa kelemahan dan kelebihan kita, ketahui kekurangan yang kita miliki dan perbaiki sepenuhnya agar kita siap menghadapi dunia kerja.

 

Perbaiki setiap kekurangan fisik dan mental agar kita lebih percaya diri, dan carilah banyak pengalaman agar semakin terlatih untuk percaya diri.

 

3. Mengasah Kemampuan

Ketika kalian sudah mengetahui dimana letak kekurangan dan kesalahan dalam diri kamu, saatnya untuk mengetahui kelebihan diri kamu. Mengasah kemampuan diri dapat membuat kita semakin percaya diri dilingkungan kerja.

 

4. Mengontrol Emosi

Kita juga harus bisa menguasai emosi agar tidak ada masalah kedepannya dalam dunia kerja, terkadang kita sangat sulit untuk mengontrol emosi.

 

Namun perlu diingat agar kita dapat menahannya dengan cara menarik nafas dalam dan menghembuskannya secara perlahan dan tenang.

 

5. Menjadi Pendengar yang Baik

Hal ini merupakan aspek yang paling penting dalam diri kita agar didunia kerja nanti mendapat apresiasi dan dihargai oleh karyawan lain. Orang akan senang jika mendengarkan nasehat-nasehat mereka yang dapat merubah diri kamu kedepannya.

 

Temukan pilihan pelatihan online yang kamu butuhkan dan bermanfaat untuk karirmu di TopEdu. Dapatkan juga informasi lowongan kerja ter-update di sini.


Komentar