KANDIDAT PERUSAHAAN

Prospek Kerja Paling Menjanjikan untuk Lulusan Ilmu Komunikasi

24 Maret 2021 20:03 7277 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 8 KALI DIBAGIKAN

Ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan perkuliahan yang paling banyak diminati. Selain dikenal menyenangkan, ilmu komunikasi juga dianggap sebagai ilmu yang seksi dan selalu berkembang seiring perubahan zaman.

 

Berdasarkan data statistika pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020, program studi (prodi) komunikasi dan informatika jadi yang paling diincar oleh calon mahasiswa.

 

Meski terlihat menyenangkan dan keren, bidang ini nggak bisa dianggap santai juga lho. Banyak teori dan praktik yang harus dipelajari untuk menjawab permasalahan komunikasi baik verbal maupun non verbal.

 

Mempelajari ilmu komunikasi dengan baik dapat membawamu ke berbagai peluang karir. Di era digital seperti saat ini, lulusan bidang ilmu komunikasi dibutuhkan oleh banyak industri. Nggak salah prospek karirnya juga sangat menjanjikan.

 

Berikut beberapa prospek kerja paling menjanjikan bagi lulusan ilmu komunikasi versi TopKarir yang bisa kamu pilih.

 

1. Creative Director

Creative Director adalah seorang pemimpin kreatif yang umumnya bekerja pada suatu perusahaan pemasaran, media, digital, maupun publikasi. Sebagai Creative Director kamu akan ditugaskan untuk merancang konsep dan ide kreatif yang kuat untuk mendukung sebuah campaign/program.

 

Strategi yang dipakai dapat berupa copywriting, desain grafis, digital campaign, sampai video. Untuk terjun ke bidang ini selain skill profesional, kamu juga membutuhkan pengalaman dan pemahaman seni yang tinggi.

 

2. Public Relation

Public Relation (PR) atau yang dikenal juga Hubungan Masyarakat (Humas) bertugas sebagai penghubung antara sebuah perusahaan/instansi tertentu dengan masyarakat. PR merupakan salah satu divisi garda depan yang.membentuk dan mempertahankan citra baik perusahaan.

 

Berbagai media yang biasa dimanfaatkan oleh seorang Public Relation diantaranya press release, media sosial, maupun website. Terkadang PR juga bekerja untuk sebuah program Corporate Social Responsibility (CSR).

 

3. Sales

Kalau bicara tentang Sales, mungkin sebagian masyarakat masih memandang sebelah mata pekerjaan ini. Padahal Sales bisa jadi pilihan karir yang menjanjikan lho.

 

Hampir di semua perusahaan membutuhkan Sales untuk mendukung tujuan penjualan mereka. Sales bisa dikatakan sebagai salah satu divisi inti yang menopang revenue perusahaan. 

 

Salesperson atau kini dikenal dengan istilah Account Executive, Sales Agent, atau Sales Representative ini mewajibkan kandidatnya memiliki kemampuan networking yang kuat serta pemahaman akan kebutuhan konsumen/klien.

 

4. Event Organizer

Selanjutnya ada bidang EO atau Event Organizer sebagai profesi jurusan ilmu komunikasi yang bisa kamu geluti. Selain keren, sebagai EO kamu harus bisa mengurus semua hal terkait acara secara keseluruhan detail. Mulai dari klien, vendor, rundown, konsumsi, sampai tamu undangan yang hadir.

 

Buat kamu yang tertarik bekerja di bidang ini, mulailah aktif di berbagai kegiatan atau organisasi baik di dalam maupun luar kampus. Dengan begitu kamu akan punya pengalaman mengelola sebuah acara dan bekerja dalam sebuah tim.

 

5. Broadcaster

Ada berbagai jenis pekerjaan buat kamu yang berminat di dunia broadcasting. Diantaranya penyiar radio, TV presenter, wartawan, producer TV/Radio, video editor, sampai scriptwriter.

 

Meskipun industri media digital semakin lama semakin mempersempit ruang industri media konvensional, bukan berarti prospek kerja di industri ini tidak menjanjikan lho. Minat anak muda untuk bekerja di industri ini tinggi, kebutuhan media akan talenta-talenta muda kreatif juga selalu ada.

 

Itu tadi 5 prospek pekerjaan yang menjanjikan untuk lulusan ilmu komunikasi. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang! #EkspresikanKarirmu

Komentar