Pencari Karir Pencari Kandidat

Prospek Kerja Paling Menjanjikan untuk Lulusan Ilmu Komunikasi

24 Maret 2021 20:03 1895 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 8 KALI DIBAGIKAN

Ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan perkuliahan yang paling banyak diminati. Selain dikenal menyenangkan, ilmu komunikasi juga dianggap sebagai ilmu yang seksi dan selalu berkembang seiring perubahan zaman.

 

Berdasarkan data statistika pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020, program studi (prodi) komunikasi dan informatika jadi yang paling diincar oleh calon mahasiswa.

 

Meski terlihat menyenangkan dan keren, bidang ini nggak bisa dianggap santai juga lho. Banyak teori dan praktik yang harus dipelajari untuk menjawab permasalahan komunikasi baik verbal maupun non verbal.

 

Mempelajari ilmu komunikasi dengan baik dapat membawamu ke berbagai peluang karir. Di era digital seperti saat ini, lulusan bidang ilmu komunikasi dibutuhkan oleh banyak industri. Nggak salah prospek karirnya juga sangat menjanjikan.

 

Berikut beberapa prospek kerja paling menjanjikan bagi lulusan ilmu komunikasi versi TopKarir yang bisa kamu pilih.

 

1. Creative Director

Creative Director adalah seorang pemimpin kreatif yang umumnya bekerja pada suatu perusahaan pemasaran, media, digital, maupun publikasi. Sebagai Creative Director kamu akan ditugaskan untuk merancang konsep dan ide kreatif yang kuat untuk mendukung sebuah campaign/program.

 

Strategi yang dipakai dapat berupa copywriting, desain grafis, digital campaign, sampai video. Untuk terjun ke bidang ini selain skill profesional, kamu juga membutuhkan pengalaman dan pemahaman seni yang tinggi.

 

2. Public Relation

Public Relation (PR) atau yang dikenal juga Hubungan Masyarakat (Humas) bertugas sebagai penghubung antara sebuah perusahaan/instansi tertentu dengan masyarakat. PR merupakan salah satu divisi garda depan yang.membentuk dan mempertahankan citra baik perusahaan.

 

Berbagai media yang biasa dimanfaatkan oleh seorang Public Relation diantaranya press release, media sosial, maupun website. Terkadang PR juga bekerja untuk sebuah program Corporate Social Responsibility (CSR).

 

3. Sales

Kalau bicara tentang Sales, mungkin sebagian masyarakat masih memandang sebelah mata pekerjaan ini. Padahal Sales bisa jadi pilihan karir yang menjanjikan lho.

 

Hampir di semua perusahaan membutuhkan Sales untuk mendukung tujuan penjualan mereka. Sales bisa dikatakan sebagai salah satu divisi inti yang menopang revenue perusahaan. 

 

Salesperson atau kini dikenal dengan istilah Account Executive, Sales Agent, atau Sales Representative ini mewajibkan kandidatnya memiliki kemampuan networking yang kuat serta pemahaman akan kebutuhan konsumen/klien.

 

4. Event Organizer

Selanjutnya ada bidang EO atau Event Organizer sebagai profesi jurusan ilmu komunikasi yang bisa kamu geluti. Selain keren, sebagai EO kamu harus bisa mengurus semua hal terkait acara secara keseluruhan detail. Mulai dari klien, vendor, rundown, konsumsi, sampai tamu undangan yang hadir.

 

Buat kamu yang tertarik bekerja di bidang ini, mulailah aktif di berbagai kegiatan atau organisasi baik di dalam maupun luar kampus. Dengan begitu kamu akan punya pengalaman mengelola sebuah acara dan bekerja dalam sebuah tim.

 

5. Broadcaster

Ada berbagai jenis pekerjaan buat kamu yang berminat di dunia broadcasting. Diantaranya penyiar radio, TV presenter, wartawan, producer TV/Radio, video editor, sampai scriptwriter.

 

Meskipun industri media digital semakin lama semakin mempersempit ruang industri media konvensional, bukan berarti prospek kerja di industri ini tidak menjanjikan lho. Minat anak muda untuk bekerja di industri ini tinggi, kebutuhan media akan talenta-talenta muda kreatif juga selalu ada.

 

Itu tadi 5 prospek pekerjaan yang menjanjikan untuk lulusan ilmu komunikasi. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang! #EkspresikanKarirmu

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
6 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Staff Marketing

6 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Staff Marketing

Dalam dunia bisnis, marketing adalah seorang yang memiliki peran cukup penting bagi perkembangan usaha. Sebagai staf marketing modern, kamu mendapat keuntungan dari aplikasi mobile dengan menjadikannya alat untuk membantumu menghadapi dunia marketing yang semakin kompleks juga membantu kamu memaksimalkan waktu ketika berada di dalam maupun luar kantor.  Beberapa aplikasi mobile yang harus dimiliki staf marketing adalah sebagai berikut:   Evernote Evernote adalah aplikasi yang akan untuk membantu mengingatkan apa saja tentang jadwal kamu seharian. Seperti mencatat ide, menyunting artikel, mengambil gambar dan merekam audio. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengingat detail pekerjaan serta memudahkan kamu dalam bekerja.   Dropbox Dengan aplikasi mobile dropbox, pekerjaan marketing akan dengan cepat menyimpan dan mengakses data dari manapun kemudian dengan mudah membagikannya dengan siapapun. Dropbox jauh lebih mudah digunakan karena keterbukaan dan tampilan yang sederhana.   Trello Trello adalah aplikasi manajemen tugas yang kolaboratif dan dipakai untuk mengorganisir alur kerja individu atau perusahaan secara rapih dan sistematis. Aplikasi ini dasarnya berbentuk papan tulis dimana seorang pengguna dapat membuat tugas dengan menulisnya di papan atau kartu, mengundang pengguna lain untuk berpartisipasi dan kemudian mengikuti perkembangan setiap project atau tugas.   Hootsuite Aplikasi ini menawarkan banyak fleksibilitas untuk me-menage media dan digital marketing yang memungkinkan kamu untuk menjadwalkan postingan dan mengurus akun sosial mediamu serta menyediakan analisis sosial secara lengkap dan mudah. VoiceStorm VoiceStorm mungkin salah satu aplikasi yang kamu butuhkan untuk membawa upaya marketing-mu lebih maksimal. Ingin meminta pegawai atau anggota tim untuk menyebarkan postingan terbarumu di sosial media? Saat tim kamu mempromosikan produk baru atau mendistribusikan berita di surat kabar, kamu dapat mengerahkan timmu dan membuat “tentara” sosial media untuk menyebarkannya menggunakan VoiceStrom.   FlipBoard Flipboard adalah aplikasi yang cocok untuk orang yang membutuhkan konten dari berbagai sumber. Sebagai profesional marketing, kamu pastinya ingin up to date dengan apa yang sedang hangat dan yang tidak di dunia marketing. Isinya bebas dapat disesuaikan dan kamu dapat berlangganan pada suatu kategori. kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencari berita terkini, cerita popular, teknologi terbaru, marketing dan sebagainya.   Nah, sebagai staff marketing kamu harus mencoba aplikasi diatas ya Sahabat TopKarir. Temukan tips lainnya di www.topkarir.com dan download aplikasi TopKarir ya. Semangat Sahabat TopKarir!  
Komentar