KANDIDAT PERUSAHAAN

Tips Mencintai Pekerjaan yang Sekarang Kamu Jalani

24 Maret 2021 20:03 5690 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Menemukan pekerjaan yang bikin kamu nyaman memang nggak mudah, apalagi sampai bisa mencintai pekerjaan yang kamu punya sekarang. Setelah lebih dari enam bulan kebanyakan orang akan mulai jenuh, terlebih kalau pekerjaannya nggak sesuai passion bisa-bisa kurang dari enam bulan sudah resign. Buat jatuh cinta sama pekerjaan nggak cuma ngomongin penghasilan, karena mencintai pekerjaan adalah bagian dari proses mencapai kesuksesan yang dibutuhin ya kerja keras, kemauan dan komitmen.

 

Mencintai pekerjaan yang dimiliki akan membuat kinerjamu lebih maksimal dan tanpa tekanan, hal ini akan membawamu pada kesuksesan. Kalau kamu merasa belum menemukan pekerjaan yang sehati, jangan buru-buru memutuskan untuk pergi. Kayak lagunya Vierra, cinta itu butuh waktu, nggak tiba-tiba datang, ya kan? Lalu, gimana sih cara mencintai pekerjaan kita? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya.

 

Fokuslah pada pengalaman dan pelajaran yang bisa kamu dapat

Perihal kerja nggak cuma soal uang, uang dan uang aja. Uang bukanlah jaminan seseorang bisa mencintai pekerjaan. Semakin tinggi gajimu pasti semakin banyak kebutuhan dan keinginan yang ingin kamu penuhi, dan kemungkinan kamu akan selalu merasa kurang. Ada hal yang lebih berharga dan penting dibanding uang, yakni pengetahuan dan pengalaman. Coba, pelajaran apa yang sudah kamu dapat selama bekerja di tempat sekarang? Kemampuanmu menyelesaikan masalah, membuat strategi, keberhasilan mencapai target, tantangan dari atasan? Itu semua bisa dijadikan alasan untuk bisa mencintai pekerjaan kamu saat ini.

 

Bangun lingkungan pertemanan kerja yang baik

Selain menghadapi kerjaan dan deadline, di kantor kamu juga berhadapan dan berinteraksi dengan banyak orang. Pertemanan yang kamu bangun di lingkungan kantor sedikit banyak juga punya dampak untuk keberhasilanmu lho. Saat kerja mereka bisa profesional sekaligus bikin suasana kerjamu jadi lebih menyenangkan. Teman kerja yang baik akan saling membantu dan memotivasi di dalam maupun di luar pekerjaan, mereka juga bisa jadi alasan kamu untuk bertahan dan mencintai pekerjaan.

 

Kenali bakat dan minatmu, terapkan dalam setiap pekerjaan

Hal yang juga penting supaya jatuh cinta sama kerjaan kamu adalah mengenal bakat dan minat diri. Temukan dan sadari kelebihan kamu di suatu bidang, hargai kelebihanmu, lalu terapkan pada pekerjaan yang kamu pegang. Untuk tahu bakat dan minat, kamu bisa perhatikan bagaimana antusiasmu saat mengerjakan sesuatu, seberapa tinggi tingkat kepuasanmu, atau kapan kamu merasa segalanya terasa sulit. Kamu juga bisa mengikuti tes minat dan bakat untuk mengenal passion kamu. Bakatmu tidak tercermin dari apa yang dikerjakan melainkan dari bagaimana cara kamu menyelesaikannya.

 

Jangan takut mengambil tantangan baru

Percayalah nggak ada pekerjaan yang gak bisa dilakukan, apalagi atasanmu nggak akan mungkin memberi tugas yang mustahil untuk diselesaikan. Kalau kamu dikasih job desk yang nggak sesuai sama posisi yang kamu tempati sekarang, jangan buru-buru menolaknya. Cobalah untuk mengambil tugas tersebut, karena tantangan itu akan jadi pelajaran berarti buat karir kamu. Kamu nggak akan pernah tau potensi kamu kalau kamu aja belum pernah mencobanya, jadi terbukalah untuk belajar hal-hal baru.

 

Lakukan hobi dan kesukaanmu

Banyak perusahaan saat ini yang sangat bersahabat dengan karyawannya. Mereka bisa memberimu kesempatan untuk pindah divisi kalau minat dan keahlianmu ada di posisi yang berbeda. Lakukan apa yang kamu suka dan menjadi passion kamu. Diskusikan dengan HRD dan atasan kamu untuk mendapat kepuasan dan kecintaan kerja. Kalau pada akhirnya kamu merasa nggak ada pekerjaan yang benar-benar kamu suka, hmm.. mungkin saatnya mencari pekerjaan baru di luar sana.

 

Itu tadi 5 tips ampuh supaya kamu bisa mencintai pekerjaan yang saat ini kamu jalani. Informasi dan tips-tips karir lainnya yang berguna untuk kesuksesan karir kamu ada di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang.

Komentar